Berita Terbaru Hari Ini Akurat dan Terpercaya

Breaking News

Sebanyak 180 Ribu Penerima Insentif Prakerja Yang Lolos di Blacklist

IMNewsid-  Sebanyak 180 ribu peserta penerima Insentif Kartu Prakerja
akhirnya dicabut status kepesertaannya. Menurut Manajemen Pelaksana Program Prakerja peserta yang gugur itu berasal dari gelombang 1 hingga 4 program ini.

Sejauh ini, program Kartu Prakerja sendiri telah memasuki gelombang 9.Sampai dengan hari ini, ada sekitar 180 ribu penerima dari gelombang 1-4 yang dicabut kepesertaannya.

Head of Communications PMO Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menjelaskan pencabutan kepesertaan tersebut sudah diatur dalam Permenko 3 Tahun 2020 dan Permenko 11 Tahun 2020. 

BACA JUGA : Upload KTP di Prakerja Gagal Padahal Format Foto Sudah Sesuai

Dalam aturan itu disebutkan, apabila dalam 30 hari usai menerima uang pelatihan Kartu Prakerja, peserta belum memanfaatkan uang pelatihan tersebut untuk membeli pelatihan, karena sebab itulah kepesertaan Prakerja dicabut.

Dicabutnya status kepesertaan tersebut membuat mereka tak bisa lagi mendaftar Kartu Prakerja

"Setelah pencabutan ini, mereka tidak bisa mendaftar lagi di Kartu Prakerja," terang Louisa menjelaskan.

BACA JUGA : Daftar Program Kartu Prakerja Kamu Gagal? Cek Dulu Mungkin Hal Sepele Ini Penyebabnya

Louisa juga menjelaskan menurutnya, ada tiga penyebab peserta Prakerja di Blacklist, yaitu peserta sudah mendapat pekerjaan, lupa password untuk mengakses ke program Kartu Prakerja, dan peserta tidak tahu apa yang harus dilakukan setelah diterima dalam program Kartu Prakerja tersebut.

Louisa juga menambahkan sebelum mencabut kepesertaan 180 ribu orang tadi, pihak Manajemen Pelaksana sejak 20 Maret 2020 lalu telah melakukan sosialisasi di berbagai kanal, membuat FAQ, dan menyediakan berbagai saluran untuk masyarakat bertanya.

BACA JUGA : Insentif Kartu Prakerja Gagal? Cari Tahu Penyebabnya


Tidak ada komentar